Pengaruh Pelukan Ayah

Untuk Para (Calon) Ayah :

"Semoga cerita keren yang saya dapatkan dari kelas Hypno Parenting Online yang saya ikuti ini bisa menjadi sebuah bahan pembelajaran bagi kita, kelak terkait peran keduniawian kita. Sebagai Ayah. Maupun sebagai calon Ayah untuk anak anak kita. Kelak." 

By : 
Pakde Fu
Islamic Hypnotherapist
Indonesian Fisiognomy Expert
Professional Sign n TarOt Reader
Hydrocephalus Ranger
Holistic Healer - NLPer - SEFTer
Penggiat Hypno Parenting for Special Kids
Creator http://hypnotarotbekasi.blogspot.com

Suatu hari...
Di ruang  praktek Prof.Dr. Djauhar Ismail,SpA, MPH, PhD. di klinik tumbuh kembang Anak di Rumah Sakit Umum (RSU) Dr. Sardjito tergantung foto ayah yang tengah memeluk anaknya.

Tidak lama saya berada di ruangan ini hanya sekitar 20 menit, namun luar biasa tamparan besar buat saya, karena kekurangbersyukurannya saya, karena kesombongan saya, dan karena keterlenaan saya.

Pagi itu..
Di ruangan klinik tumbuh kembang masih sepi hanya ada 3 pasien.

Sudut pandangan yang pertama, duduklah saya disamping seorang ibu yang sangat muda menggendong babynya yang sepertinya Microchepaly (ukuran kepala kecil) yang artinya membuat perkembangan motorik anak menjadi terganggu. Karena di usianya yang sudah 9 bulan, dia belum sanggup mengangkat kepalanya.

Akan tetapi yang membuat saya kagum pada diri si Ibu ini adalah karena ia hanya datang sendiri tanpa suami dan keluarganya. Padahal dalam keadaan demikian inilah saya yakin perempuan butuh laki-laki.

Di Sudut Pandangan Sebelah Timur saya, tampak seorang ibu yang sudah kelihatan agak sepuh sedang menitah anaknya. Ya, anak itu sudah berusia 5 tahun tapi belum bisa berjalan. Karena menurut sang ibu (yang sebelumnya saya kira neneknya) anaknya terdiagnosa Down Syndrome. Dan lagi-lagi ibu itu hanya ditemani oleh anak perempuannya yang masih SMA.

Di sudut pandangan di depan saya, seorang anak sedang di Terapi Speech Delayed. Kebetulan anak yang sedang diterapi itu ternyata masih sangat kesulitan hingga menyebabkannya malas bicara padahal usianya sudah 4 tahun. Hanya ada 2 kata yang selalu diucap yaitu mamah dan maem. Dan sekali lagi tidak tampak sosok laki-laki di dekatnya, hanya ada Mamah dan Neneknya.

Tidak berapa lama, Prof.Dr. Djauhar Ismail,SpA, MPH, PhD datang. Dan beliau pun meminta saya ke ruangannya dan tidak sampai 3 menit urusan ACC ujian saya pun beres. Setelah itu?

Selebihnya kami kemudian banyak berbincang.  Namun ditengah obrolan kami, ada sesuatu yang seketika menggelitik hati saya sehingga saya pun memberanikan diri untuk menanyakan makna dan maksud beliau memajang gambar "FATHER'S TOUCH" diruangannya Beliau.

"Maksudnya Fathers Touch itu apa ya, Dok..?? Saya kok penasaran begitu masuk ke ruangan dokter eh ada tulisan itu?"

Dan akhirnya Beliau menjelaskan maksudnya dengan begitu detail dan panjang lebar. Namun dibalik penjelasan panjang lebar tersebut, saya menangkap ada beberapa inti keilmuan yang luarbiasa yang sangat bisa jadi pelajaran sekaligus renungan untuk kita :

Bahwa yang disebut sebagai Fathers Touch itu bisa dimaknai sebagai sentuhan sang ayah. Jadi saat ayah melakukan sentuhan bahkan hingga pelukan pada diri si Anak?

Sesungguhnya pada saat bersamaan, Sang Ayah sejatinya sedang mentransfer kemampuan dan kemandirian pada diri anak. Sehingga selepas melakukan proses tersebut, Si Anak seperti memiliki dorongan energi lebih untuk kemudian menjadikan dirinya mampu mengendalikan dirinya sendiri hingga kemudian memupuk sedikit demi sedikit rasa berani dan juga kemandirian yang ada pada dirinya.

Sehingga, aspek yang sifatnya kebetulan bersinggungan dengan aneka sifat yang ditanam sekaligus ditransfer oleh sang Ayah pada Sang Anak kelak menjadikan si Anak pun berani berinteraksi dan menghadapi apapun lantaran terinspirasi oleh keberadaan figur otoritas yang dimiliki dan ditanamkan ayah melalui sentuhan dan pelukannya.

Tak heran jika banyak anak perempuan yang dekat dengan ayahnya akan tumbuh sebagai pribadi yang tangguh. Tentu tak heran pula jika banyak para gadis kemudian berusaha mencari dan menikahi laki-laki pujaannya kelak yang memiliki sifat dan sikap seperti ayah yang dikaguminya.

Sedangkan Pelukan Sang Ibu memiliki fungsi sebagai kegiatan pentransfer sifat penuh kasih atau empati pada anak. Ibu itu figur afeksi, yang ketika anak sakit, ia akan memeluk anak maupun mengambilkan obat untuk anak. Anak yang sering mendapat pelukan ibu akan menjadi pribadi yang mudah memberikan kasih sayang atau rasa simpati kepada orang lain.

Ditilik dalam kehidupan nyata, Ayah memang tak selalu intens dalam memberikan pelukan kepada anak. "Bisa jadi, ayah yang sulit memeluk dulunya juga mungkin jarang dipeluk....!!"

(ehmmmm.....)

Karena si ayah tumbuh dan berkembang dengan jarang sekali dipeluk? Maka ia pun akan melakukan hal yang sama kepada anaknya. Tetapi kalau ia biasa dipeluk, ia akan memeluk anaknya.

Dalam penelitian yang dirilis dalam buku The Miracle of Hug, mengungkap bahwa :

"Pelukan orangtua kepada anaknya dapat membangun konsep diri yang positif, mengurangi emosi negatif seperti kesepian, cemas atau frustasi, serta meningkatkan kecerdasan otak, merangsang keluarnya hormon oksitosin yang memberikan perasaan tenang pada anak."

Dengan pelukan pula, anak akan merasa dicintai dan dihargai. Anak yang sering mendapat pelukan dari orang tuanya akan lebih efektif sembuh dari depresi, dan akan timbul rasa percaya dirinya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan.

Bahkan, pelukan saat inisiasi dini, sesaat setelah bayi terlahir ke dunia, akan mentransfer sejenis mikroorganisme yang membuat daya tahan tubuh bayi semakin kuat.

Tak perlu khawatir dengan mitos yang mengatakan bahwa anak yang sering mendapat pelukan akan menjadi cengeng. Lupakan paradigma kalau anak saya laki-laki harus bermental kuat, kalau dipeluk-peluk nanti melempem.

Enyahkan pikiran kalau anak saya cuman perempuan satu-satunya ini, dengan didikan "kenceng" supaya dia mandiri tidak manja.

Tegas, mandiri, kuat tidak harus dibentuk dengan kekerasan (verbal atau fisik sekalipun).

Banyak pakar yang sudah ber-quotion bahwa sentuhan dan pelukan orangtua kepada anaknya sungguh memiliki kehebatan luar biasa yang tidak dimiliki obat-obat ciptaan dokter di dunia.

Jadi, siapkan sentuhan dan pelukan terbaik untuk anak-anak tersayang. 

Selanjutnya?

1. Minta maaflah dan istighfarlah sudah sering bertindak "kasar" kepada anak-anak.

Kemudian

2. Niatkan dan izinkan diri kita untuk mendampingi pertumbuhan Anak anak kita dengan memberikan pendampingan spesial kepada mereka dalam rangka menemukan keunikan mereka, yang dengan Keunikan tersebut?

Mereka kemudian bisa punya semangat dan Kesadaran yang lebih dalam tentang ke-Unik-an mereka, ke-Spesial-an mereka yang dengan keduanya?

Anak anak pun bisa menemukan, Menggali hingga merangkai keajaiban-Nya atas diri anak anak tersebut.

N. B :

Untuk Program Penggalian Keunikan dan Keajaiban-Nya dalam diri setiap kita? Kebetulan Asosiasi Hypno TarOt Indonesia (AHTI) yang dipelopori oleh Hypno TarOt Bekasi, Jaksel dan Solo yang bekerjasama dengan PT Inspira Indonesia Alhamdulillah selama 8 bulan terakhir ini telah sukses mendampingi secara Online maupun Offline siapapun yang ingin dibantu menemukan kembali jejak Keunikan Diri mereka yaitu melalui :

A. Program Quantum Wealth Vibration Online Mentoring Class 1 Tahun, sebuah program Mentoring Class selama 1 tahun baik offline dan offline untuk menggali Keterkaitan antara Keunikan diri, Kespesialan diri hingga Pola Keberuntungan Diri yang kesemuanya benar benar digali melalui pengenalan kita akan Apa itu Law of Attraction (LOA). Dan untuk informasi selengkapnya tentang Program ini, Anda silakan mengunjungi :

http://hypnotarotbekasi.blogspot.com/2018/03/kenapa-harus-quantum-wealth-vibration.html?m=1

Or

http://hypnotarotbekasi.blogspot.com/2018/08/kenapa-harus-bergabung-dengan-program-1.html?m=0


B. Program Maximize Your Uniqueness

Yang merupakan program penggalian potensi Keunikan diri melalui ciri spesifik seseorang sehingga dengan ciri spesifik tesebut kelak akan memudahkan untuk memetakan ke-Spesial-an Diri dan Usaha kita

Informasi selengkapnya Seputar Kelas Seminar Inspiratif Online Maximize Your Uniqueness bisa anda dapatkan di :

http://hypnotarotbekasi.blogspot.com/2018/10/seminar-inspiratif-online-maximize-your.html?m=1

Jadi saran saya buat Anda :

Segera eksekusi lah seluruh peluang kebaikan yang mendatangi Anda agar setelahnya ada perubahan diri yang nyata yang insya Allah akan anda rasakan

Insya Allah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENTORING SPESIAL BACA ORANG (Batch 7)

KELAS ONLINE BACA ORANG - Batch 8

FREESTYLE FISIOGNOMY (Batch 5)