Tips Sederhana Perbaiki Mood Anda



Bicara tentang Mood, pernahkah Anda mengalami kondisi dimana :

1. Suatu pagi ketika Anda sudah berpakaian rapi dan hendak berangkat ke kantor, tiba-tiba baju Anda ketumpahan kopi dan terpaksa harus buru-buru mengganti baju, sehingga akhirnya terlambat sampai ke kantor.

2. Saat menyetir dengan tenang waktu pergi ke kantor, lalu tak ada angin dan tak ada hujan, ada mobil di sebelah Anda yang menyerempet karena sang pengemudi sibuk bermain ponsel.

3. Anda sedang antre untuk masuk ke dalam bus TransJakarta, tiba-tiba orang di belakang Anda mendorong dan menyerobot masuk.

"Pernah mengalami kejadian seperti itu?"

Saya yakin jawabannya.. pernah. Dan ternyata, satu persamaan dari tiga kejadian di atas adalah mood Anda langsung rusak seketika

Yang bikin gawat, saat sebuah hal buruk terjadi di pagi hari, maka mood jelek itu akan menghantui Anda seharian penuh.

Karena, mood yang buruk dan tidak menyenangkan itu biasanya akan merembet ke banyak aspek dan urusan, hingga bawaannya pun seolah semua menjadi sesuatu yang sangat tidak menyenangkan bahkan bikin GREGETAN.  

Lalu sebenarnya MOOD itu sendiri apa? Kok bisa sangat mempengaruhi keindahan hari-hari kita?

Jadi begini,
Maka itu sejatinya merupakan efek dari suasana hati, sehingga tindakan mengelola hati yang merupakan bengkel progresif bagi perbaikan dan peningkatan mood? Adalah sesuatu yang amat penting untuk dilakukan.

Dalam kamus Oxford, Mood diartikan sebagai :

"The way you are feeling at a particular time”, yaitu suasana hati atau jiwa pada saat tertentu, bisa dalam keadaan baik (good mood) maupun buruk (bad mood). Karena itu, mood bisa kita kondisikan dengan memperbaikinya dan meningkatkannya. Caranya?


Berikut ini adalah cara mudah dan sederhana yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki Mood kita, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tarik Napas Dalam-dalam.

Ya, ini memang cara klise, tapi dijamin 100% akan berhasil membuat perasaan Anda jadi lebih baik. Jika perlu, cari tempat yang agak sepi, misalnya di toilet kantor (serius!). Duduklah dengan tegak, pejamkan mata, lalu tarik napas dalam-dalam lewat hidung dan keluarkan perlahan melalui mulut. Lakukan dalam 10 atau 20 hitungan. 

2. Dengarkan Musik Ceria.

Pasang lagu favorit Anda atau musik-musik yang menghentak. Jika perlu, nyanyikan keras-keras untuk melepaskan emosi negatif Anda (misalnya bila Anda naik mobil sendiri). 

Jika Anda naik kendaraan umum atau ojek, gunakan earphone dan pasang musik kencang-kencang hingga suara di luar tidak terdengar. Tapi tetap perhatikan situasi di sekitar Anda, ya.

3. Cara Mudah (Dan Enak) Lainnya Adalah Dengan Membeli Makanan Enak.

Lupakan diet Anda sejenak. Apalagi jika di siang hari Anda ada meeting penting dengan atasan sehingga membutuhkan perasaan yang tenang. Foods you eat can help you feel better in minutes. 

Asal jangan sering-sering, ya.   

Bagaimana? Suasana hati sudah mulai membaik, kan?

Jika ternyata jawaban Anda adalah BELUM JUGA?

Maka coba tuntaskan Missi Memperbaiki Mood Anda dengan melakukan beberapa TIPS PAMUNGKAS ini :

Tips Pamungkas Memperbaiki Mood Yang Nge-drop

1. Perbaiki Posisi Duduk dan Berdiri dengan Meluruskan Tulang Punggung Anda

Tegakkan posisi tubuh Anda dan kemudian cobalah untuk mengarahkan tatapan mata Anda lurus ke depan. Selain membantu kepercayaan diri, hal ini bisa menimbulkan perasaan dan pikiran positif, dan mood bisa pulih dari bete-nya.

2. Bersahabatlah Dengan Sinar Matahari Pagi.

Memperbaiki mood secara konsisten bisa dilakukan dengan melatih diri kita untuk membiarkan tubuh terkena paparan sinar matahari pagi, minimal 5 menit setiap hari. 

Sinar matahari akan menstimulasi neurotransmitter di otak kita, seperti serotonin dan dopamin, yang berfungsi meningkatkan motivasi, semangat dan mood kita.

Memulai hari dan aktivitas kita dengan mood, motivasi dan stamina yang prima tentu membuat hari dan aktivitas kita lebih menyenangkan.

3. Belajarlah Mengembangkan Senyum Tulus dan Tertawa Bahagia.

Tersenyum membuat kita merasa rileks dan positif bahkan terlihat cantik, dan tertawa bisa melepaskan beban yang menekan. Perasaan ini dapat mengubah suasana hati kita menjadi lebih nyaman, dan good mood akan kembali menyapa kita.

4. Peliharalah Sense Of Humor Kita

Salah satunya adalah dengan menyempatkan diri untuk sekedar bercanda ringan dengan teman atau pasangan, dan menonton acara lucu dan segar (tidak jorok).

Rasa senang, terhibur dan gembira akan meningkatkan kinerja hormon-hormon penggerak dan pengendali mood kita.

5. Sempatkan Untuk Berolahraga Ringan 

Setiap hari, cobalah untuk mulai membiasakan diri berolahraga ringan seperti jalan kaki di pagi hari. 

Udara segar akan memaksa otot dan pikiran berpikir positif dan menikmati kehidupan, sehingga mood kita pun ikut bangkit. Dengan demikian, mood kita akan mudah terpacu untuk menyambut fase kebangkitan.


6. Sempatkan Tidur Selama 20 Menit

Ketika kita benar-benar merasa tertekan, stress atau depresi? 

Maka sempatkanlah untuk mengambil jeda aktivitas yang kemudian harus anda manfaatkan sebaik mungkin agar mood Anda kembali dalam kondisi terbaik dan siap melakukan segalanya. 

Jadi jika kemudian kita mengalami Penurunan Kondisi Mood kita secara drastis?

Usahakan kita untuk tidur sejenak, barang 20 menit. Set-lah alarm Hp/Smartphone or Jam Anda. Lalu tidurlah 20 menit. Usahakan untuk tidak lebih atau kurang agar tidak pusing dan uring-uringan.

Sebaiknya, jadwal tidur normal juga tidak terganggu agar kondisi tubuh menunjang suasana hati dan pikiran kita. Tidur bisa mengembalikan kesegaran pikiran dan perasaan, sehingga mood ikut fresh.

Terakhir..

7. Segarkan Wajah, Badan dan Pikiran dengan Mandi dan Berwudlu.

Air wudlu diyakini memiliki ion positif dari doa yang kita bacakan ketika berwudlu, sehingga bisa menimbulkan efek segar, tenang dan menyehatkan.

Dalam Islam, wudlu yang tertib akan menyempurnakan ibadah dan melunturkan dosa-dosa kecil yang diperbuat anggota badan kita yang dibasuh ketika wudlu.

Kesegaran dan keyakinan hati akan efek positif ibadah akan membuat mood kita meningkat karena proses spiritual bisa menumbuhkan perasaan-perasaan positif.

Mandi pun bisa membantu menyegarkan kembali tubuh dan mood kita. Mandi dengan air hangat terlebih dahulu, lalu guyur dengan air dingin.

Bercampurnya air ini menimbulkan efek membangunkan, tersadar dan segar bagi kulit, tubuh dan pikiran kita, sehingga mood kembali ada.

Semoga bermanfaat. 

O ya, jika memang artikel ini bermanfaat?
Maka jangan lupa untuk membantu saya membagikan artikel ini ke siapapun, termasuk kepada orang-orang terkasih Anda ya. Biar Mood kita semua bisa terus dalam kondisi prima. 

Oke ya?

Sumber :

N. B :


Yuk temukan semua artikel terbaik tentang kesehatan (mental), kisah inspirasional, tips dan trik menjalani kehidupan yang menyenangkan lagi memberdayakan di sini aja :

http://hypnotarotbekasi.blogspot.com

Selamat datang di hari Penuh Keajaiban. Hari baru. Dipekan yang baru. Semoga kita semua semakin sehat sukses sugih berlimpah barokah bahagia selalu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENTORING SPESIAL BACA ORANG (Batch 7)

KELAS ONLINE BACA ORANG - Batch 8

FREESTYLE FISIOGNOMY (Batch 5)