Mengenal Phobia (Pengertian, Dampak dan Terapinya)

Menurut situs https://www.alodokter.com, phobia adalah munculnya sensasi rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu. Ketakutan tersebut dapat timbul saat menghadapi situasi, berada di suatu tempat, atau ketika melihat hewan tertentu.

Dan dalam kondisi fobia yang masuk kategori parah, maka para penderitanya cenderung akan berusaha menghindar dari objek yang dapat memicu ketakutan. Dan fobia ini?

Sebenarnya bisa dikategorikan sebagai sebuah gejala yang termasuk ke dalam penyakit gangguan kecemasan. Dan kondisi ini?

Kerapkali dapat menjadikan penderitanya mengalami depresi, panik, yang membuatnya bisa seketika itu juga memutuskan untuk membatasi/menghentikan kegiatan (sepenting apapun) yang sedang dilakukan

Untuk pembagian ciri dan sifat phobia sendiri, ada memang fobia yang bersifat spesifik atau ada juga fobia yang sifatnya kompleks.

Contoh-contoh fobia spesifik, di antaranya adalah takut terhadap kedalaman air, ketinggian, hewan, dokter, jarum suntik, darah, atau takut tertular penyakit seksual.

Sedangkan contoh-contoh fobia yang masuk kategori fobia kompleks, di antaranya adalah takut terhadap situasi sosial, takut berbicara di depan umum, atau takut berada di ruang terbuka.

Kebanyakan..

Aneka kasus fobia yang sifatnya spesifik? Adalah fobia yang ternyata telah dialami oleh penderitanya sejak masa kanak-kanak atau remaja.

Sedangkan fobia kompleks umumnya mulai berkembang ketika penderitanya memasuki kehidupan dewasa.

Gejala Fobia

Tanda fobia pada diri seseorang dapat mudah dikenali dari reaksi takut berlebihan yang diperlihatkannya ketika melihat objek atau menghadapi situasi tertentu. Selain rasa takut yang berlebihan, fobia juga bisa disertai dengan serangan panik yang ditandai dengan:

  1. Disorientasi atau bingung.
  2. Pusing dan sakit kepala.
  3. Mual.
  4. Dada terasa sesak dan nyeri.
  5. Sesak napas.
  6. Detak jantung meningkat.
  7. Tubuh gemetar dan berkeringat.
  8. Telinga berdenging.
  9. Sensasi ingin selalu buang air kecil.
  10. Mulut terasa kering.
  11. Menangis terus-menerus dan takut ditinggal sendirian (terutama pada anak-anak).

Penyebab Fobia

Hingga kini penyebab fobia belum diketahui secara jelas. Meski begitu, ada beberapa faktor yang diduga kuat dapat memicu  kondisi ini, di antaranya:

1. Peristiwa traumatis atau pengalaman buruk. Fobia sering dikaitkan dengan peristiwa traumatis yang dialami sebelumnya atau pengalaman buruk pada masa kecil. Misalnya, seseorang yang pernah terkurung saat masih kecil cenderung takut terhadp ruang tertutup ketik baeranjak dewasa.

2. Perubahan Fungsi Otak. Beberapa fobia spesifik dapat disebabkan oleh perubahan yang terjadi pada fungsi otak.

3. Karena Faktor Genetik dan Lingkungan. Fobia dapat terjadi karena pengaruh dari lingkungan atau keluarga. Contohnya, seseorang cenderung akan mengalami fobia jika dibesarkan oleh orang tua yang sering mengalami kecemasan.

Diagnosis dan Pengobatan Fobia

Fobia biasanya dapat mudah terdiagnosis oleh dokter dari gejala-gejala yang mengarah pada kondisi tersebut, dengan diperkuat oleh riwayat penyakit (termasuk kejiwaan), riwayat penggunaan obat, dan riwayat kehidupan sosial pasien.

Penanganan terhadap fobia dapat dilakukan melalui terapi psikologi, salah satunya yang efektif adalah Terapi Perilaku Kognitif. Terapi ini membantu pasien mengubah cara pandang dan cara bersikap terhadap suatu masalah.

Dalam kasus fobia, ahli terapi akan membantu pasien mengatasi rasa takut melalui teknik pemaparan atau desentisasi.

Dengan teknik pemaparan terhadap benda atau suasana yang ditakuti, rasa takut diharapkan dapat berkurang secara bertahap sehingga pada akhirnya pasien dapat mengendalikn fobia yang dialami.

Contohnya, adalah pada pasien yang mengalami fobia terhadap ular. Awalnya, pasien akan diminta untuk membaca tulisan tentang ular, lalu diperlihatkan gambar hewan  tersebut.

Tahapan berikutnya adalah dengan mengunjungi kandang ular, yang dilanjutkan dengan memegang reptil tersebut secara langsung.

Di samping teknik tersebut, ahli terapi juga akan mengajarkan pasien Teknik Untuk Mengendalikan Diri. Misalnya, melalui teknik relaksasi untuk membantu mengatur ketenangan dan pernapasan, atau teknik visualisasi untuk membayangkan keberhasilan mengatasi situasi.

Menyembuhkan Phobia Dengan Hypnotherapy dan Hypno NLP Technique

Dalam Hypnotherapy ada beberapa teknik untuk mengatasi phobia:

Forgiveness Therapy: Teknik ini dapat digunakan jika ditemukan ternyata dalam pristiwa traumatisnya terdapat beberapa orang yang memiliki peran terhadap kondisinya. Forgiveness therapy digunakan untuk me-release emosi negative yang mengganggu Client.

Desensitization Method : Teknik ini sama seperti teknik dalam psikoterapi Systematic Desensitization, dimana client dibimbing untuk menghadapi ketakutannya dengan cara progresif / bertahap, mulai dengan jarak tertentu dan kemudian dikurangi jaraknya sampai client mampu mengatasi responnya, dalam hypnotherapy teknik ini digunakan dalama proses mental rehearsal, sehingga therapis tidak perlu menghadirkan “objek” phobianya secara real tetapi cukup dengan memunculkan “objek” tersebut dalam mental klien, dan kemudian dibimbing secara progresif untuk mengatasi ketakutannya.

Submodalities Intervention: Teknik ini merupakan teknik dari NLP (Neuro Linguistic Programming), teknik ini cukup sederhana, prinsipnya teknik ini merubah kode-kode pada system saraf otak (Neuro) dengan tujuan untuk mendapatkan respon yang berbeda terhadap phobia tersebut, salah satu teknik terkenalnya adalah Fast Phobia Cure.

SST (Somatic Signal Therapy): Teknik ini merupakan teknik yang ditemukan oleh alm. Yan Nurindra, teknik ini cukup mudah bahkan dapat dilakukan kapapun. Phobia dalam teknik SST dilihat sebagai suatu respon terhadap sesuatu, ketika sesorang diminta untuk mencari stimulusnya baik itu gambar, suara, rasa, maka akan muncul respon yang sama, dan jika diobservasi lebih teliti sebelum respon takutnya muncul ada suatu signal yang muncul ditubuh client. SST digunakan untuk mencari signal tersebut dan menetralkannya.

Namun...
Perlu diketahui bahwa teknik-teknik ini tidak berdiri sendiri, setiap teknik saling berkesinambungan, dan teknik yang tepat ditentukan berdasarkan hasil assessment Hypnotherapist terhadap Client.

Nah, kalo kemudian kita bicara soal hasil?

Maka untuk mencapai fase keberhasilan dalam penyembuhan atau pengurangan efek beban akibat fobia ini  maka seorang terapis haruslah bisa dan mampu memadukan beberapa jenis teknik terapi yang kemudian ditunjang pula oleh penerapan gaya hidup sehat.

Misalnya beristirahat secara cukup, mengonsumsi makanan sehat secara teratur, dan rajin berolah raga.

Dan Bicara Tentang Phobia serta penanganannya (khususnya bagi Anda yang tinggal di sekitaran wilayah Solo, Jogja, dan Jabodetabek) :

Maka Ada Kabar Gembira Untuk Anda Semua

Jadi...
  1. Jika Anda adalah Warga Solo dan Jabodetabek yang ingin sembuh dari gangguan fobia? Atau bahkan
  2. Jika Anda ingin belajar aneka teknik terapi yang bisa anda gunakan untuk menyembuhkan Phobia dan juga gangguan psikis orang sekitar Anda sekaligus menjadi perantara kesembuhan gangguan psikis mereka yang lain (minder, panikan, kurang percaya diri,dll)
  3. Jika Anda ingin perusahaan Anda, lembaga Anda atau organisasi Anda dibantu untuk meng-upgrade kualitas dan produktivitas diri dan team Anda?

Anda bisa lho mulai sekarang menghubungi Team Hypno TarOt Bekasi (Bekerjasama dengan team dari Griya Syahdu Therapy Center - Jatiasih) yang insya Allah akan selalu siap membantu Anda, terutama dalam rangka menyembuhkan dan bahkan berdamai sepenuhnya dengan phobia Anda.

Lalu kemudian setelahnya? 
Bersama Hypno Tarot Bekasi dan Griya Syahdu Therapy Center (GSTC) kita Insya Allah akan mengawal lagi perubahan baik dalam diri dan team Anda. Agar lebih kreatif, produktif dan inovatif.

Untuk mengetahui profile sosok dibalik Hypno TarOt Bekasi?

Anda bisa meng-klik link ini :

http://hypnotarotbekasi.blogspot.com/2015/10/profile-blogger-hypno-tarot-bekasi.html?m=0

Atau..
Untuk Anda yang hendak memahami detail layanan Hypnotherapy dari Hypno TarOt Bekasi dan Griya Syahdu Therapy Center?

Anda dipersilakan untuk meng- klik :

http://hypnotarotbekasi.blogspot.com/2018/10/jasa-hipnoterapi-bekasi.html?m=1

Atau..

Bisa juga dengan langsung menghubungi Contacts Person dari Team Hypno TarOt Bekasi di 0859-3996-9588 (Pakde Fu)


Akhirnya..
Saya hanya bisa berdoa :

"Semoga Allah senantiasa menjadikan kita sekeluarga sehat sukses sugih berlimpah barokah bahagia selalu. Kapanpun dan dimanapun kita berada."

Komentar

  1. Izin Share ya
    Sebuah informasi yang manfaat banget nih buat kamu yang suka kesiksa oleh phobia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENTORING SPESIAL BACA ORANG (Batch 7)

KELAS ONLINE BACA ORANG - Batch 8

FREESTYLE FISIOGNOMY (Batch 5)