Apa itu Copywriting?

Kalau Anda bertanya kepada saya : "Apa itu Seni Copywriting?"

Maka saya akan menjawab bahwa : 

"Copywriting itu tak ubahnya sebuah seni menghipnotis (calon) pelanggan melalui tulisan."


Tapi apakah memang demikian? Kalo soal itu.. "Bisa jadi memang iya. Atau memang iya bisa jadi." 

#samaadjakeleus 😂😂😂


Di dalam berbagai artikel disebutkan bahwa memang yang namanya 'Copywriting' adalah


"Sebuah teknik menghasilkan tulisan yang membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan – tulisan ini di disebut copy."


Adapun faktor copy ini dibuat agar nantinya para pembaca (yang merupakan target dari seni Copywriting ini) lantas mulai berbondong-bondong membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan lain yang terkait dengan pengeksekusian atas produk kita sebagai konsekuensi (sebab akibat) atas begitu memikatnya Pola Copywriting yang kita gunakan.


Disisi lain dikatakan bahwa Copywriting :

"Is like a written content conveyed through online media and print materials. Copy is content primarily used for the purpose of advertising or marketing. This type of written material is often used to persuade a person or group as well as to raise brand awareness. The ultimate goal of copy is to get the reader to take a particular action."

Atau dalam definisi Bahasa Indonesia dikatakan bahwa Copywriting :

"Adalah seperti sebuah tulisan yang disampaikan melalui media Online atau media cetak yang biasa digunakan untuk memasarkan sesuatu serta untuk mempengaruhi dan meyakinkan satu atau sekumpulan orang terhadap suatu produk."


Jadi memang...


Goal utama dari tulisan (Copywriting) ini adalah untuk membuat pembacanya melakukan suatu hal yang spesifik. Baik itu menyatakan ketertarikannya, memesan produk yang ia tertarik pasca penawarannya, atau bahkan membeli produk yang diiklankan/ditawarkan dengan bahasa ala Copywriting yang memang OKE punya.

Jadi jika kemudian ingin dibedah lagi : 


"Apa sih yang harus dikuatkan dan bisa dikuatkan (efeknya) lewat Copywriting?"


Maka jawaban atas pertanyaan diatas itu adalah 4 hal :


1. Kemampuan menulisnya

2. Kemampuan memasarkannya

3. Kemampuan mempengaruhi dan meyakinkan pembacanya

4. Kemampuan untuk membuat pembacanya melakukan sesuatu tindakan secara spesifik


Dan kembali pada poin tindakan spesifik yang merupakan salah satu Goal penting dalam Copywriting : 


"Kira kira apa sih maksudnya tindakan spesifik yang bisa segera dihasilkan melalui seni Copywriting?"


Ngomong-ngomong melakukan sesuatu secara spesifik itu, melakukan apa sih??


Ya banyak. Tapi intinya para pembaca iklan dengan copywriting itu diharapkan bisa :


a. Ter-edukasi atau terpahamkan tentang segala hal terkait dengan produk jualan kita, terutama seputar manfaat dan kegunaannya. Sehingga ketika mereka sudah memahami aneka manfaat dan kegunaan yang kelak bisa mereka dapatkan dari  produk kita? Mereka pun jadi semakin menjadikan produk kita sebagai alternatif penyelesaian masalah mereka.


B. Setelah kita memfokuskan untuk mengedukasi Konsumen yang membaca Copywriting kita pun diharapkan konsumen kita tidak lagi cuek dengan produk yang kita jual melainkan jadi lebih AWARE .. NGEH.. bahkan jadi semakin tertarik.

c. Konsumen pun seketika bisa segera  membeli produk kita tanpa menunda setelah membaca Copywriting kita

d. Konsumen pun diharapkan juga akan dapat membeli berulang-ulang kali kepada kita selepas membaca Copywriting kita berikut manfaat yang telah kita bagikan 


dan banyak hal lain-lainnya.


Copywriting menarik kan untuk di pelajari? 😃


Nah, lain Copywriting.. lain lagi Emotional Selling. 

Emotional Selling sendiri adalah sebuah seni menghipnotis pelanggan lewat aktivitas berjualan (secara keseluruhan) lewat serangkaian sikap, logat, intonasi serta pembawaan diri yang memang harus ditampakkan secara keseluruhan dalam aktivitas jualan yang kita lakukan sebagai bagian dari sebuah bentuk dari SEMPURNANYA PELAYANAN dari kita sebagai penjual dengan siapapun pembeli/konsumen kita.

Dan praktik Emotional Selling sendiri sejatinya memang sudah ada semenjak zaman orang tua kita yang dalam aktivitas jualannya selalu mengedepankan sikap mental serta pelayanan yang sempurna, pembawaan yang menghadirkan kenyamanan yang luarbiasa serta silaturahmi yang terus tllerjaga lantaran sifat dari jualan ini yang memang lebih menekankan pada aspek kekeluargaan daripada aspek keuntungan semata.

Lalu? Bagusan mana? Selling with Copywriting? Atau totally Selling with Emotional Selling?

Jawabannya : dua duanya sama sama bagus. Tergantung pada moment apa kita mempraktekkannya.  "Apakaht offline atau moment jualan online?"

Tapi sejujurnya sih : menggabungkan teknik jualan antara Emotional Selling dengan menambah sentuhan indah ala Copywritter yang emang masternya Copywriting adalah solusi ter-KECE untuk menjadikan produk jualan kita menjadi BOOMING.

Nah kebetulan pada Seminar Inspiratif Online- The Art of Emotional Selling (with Copywriting) yang akan diselenggarakan pada tanggal 2-4 November... KITA SEMUA AKAN MEMBEDAH BAGAIMANA MENGKOLABORASIKAN ANTARA THE ART OF EMOTIONAL SELLING & SELLING WITH COPYWRITING. Menarik donk?

Btw, Seminar Inspiratif Online - The Art of Emotional Selling (with Copywriting) itu apa?


Seminar Inspiratif Online - The Art of Emotional Selling (SIO-TAES) with Copywriting itu apa?

"Merupakan salah kita online yang SANGAT DIREKOMENDASIKAN untuk siapapun Anda Yang dalam kesehariannya begitu akrab dengan Aktivitas Jualan. Nampaknya Anda MEMANG HARUS ikutan..!! Karena disinilah cara menaklukkan emosi serta seni mengendalikan emosi diri benar benar dipadukan dengan teknik Copywriting yang efeknya memang sudah luarbiasa sekali. Dan gabungan Emotional Selling dan Copywriting akan menjadikan anda sinting karena lonjakan jumlah pesanan dan permintaan yang luarbiasa pesat dan dahsyat."

(Lindawati - One of The Best Online Marketer Indonesia/Mantan Buruh Migran Indonesia di Saudi Arabia)

👇🏻👇🏻👇🏻


THE ART OF EMOTIONAL SELLING (with Copywriting) Edisi 2-4 November 2018

Sebuah persembahan KHUSUS bagi Anda para pedagang, pebisnis atau siapapun Anda yang di dalam kehidupannya AKRAB dengan Aktivitas JUALAN : jualan BARANG, jualan JASA, bahkan jualan IDE.

Sebuah Kelas Online Yang Diperuntukkan bagi Anda, yang ingin belajar tentang bagaimana cara Memahami, Memenuhi, Mempengaruhi dan bahkan Menjadi Pengendali atas kebutuhae kebutuhan emosi konsumen Anda serta menjadikan kekuatan kata kata ala Anda benar benar punya efek luarbiasa.

Investasinya?

CUMA DENGAN RP. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) saja...

ANDA BISA LANGSUNG DIAJAK BELAJAR SELAMA LEBIH KURANG 72 JAM FULL untuk benar benar memahami aneka kebutuhan emosi manusia dan cara asik memenuhi kebutuhan emosi tersebut dan kemudian mengkolaborasikannya dengan kemampuan Copywriting Anda yang akan juga diasah di Kelas The Art of Emotional Selling (SIO-TAES) edisi November 2018

Dan...
begitu Anda tergabung dalam kelas online ini?

Anda pun akan mendapatkan BANYAK FASILITAS YANG SEKETIKA ANDA BISA NIKMATI ketika anda memutuskan untuk bergabung menjadi bagian dari Seminar Inspiratif Online The Art of Emotional Selling (SIO-TAES) ediai November. Diantara fasilitas tersebut adalah :

1. Diskon sampai dengan 50% untuk siapapun Anda yang mendaftarkan diri ikut Seminar Inspiratif Online The Art of Emotional Selling sebelum tanggal 25 Oktober

2. Free personal coaching dan konseling bisnis selama 2 hari. "Waktu konseling dan coachingnya? Bebas pilih kapan waktu longgar anda."

3. Untuk yang tinggal di wilayah Jabodetabek? Ada 1 kali kesempatan Free Offline Business Coaching bersama saya khususnya untuk membahas dan menggali serta mengenali betul keunikan bisnis Anda . Anda hanya dibebankan untuk mengganti biaya akomodasi saya menuju ketempat Coaching yang telah disepakati.

"Berminat Mengikuti Seminar Inspiratif Online - The Art of Emotional Selling with Wonderful Copywriting?"

Silakan Klik :
Atau hubungi
0859-3996-9588

Dan kemudian.. Ikutilah proses  pendaftarannya ya. Oke? Siap?

"Sesungguhnya 85% keputusan seseorang untuk MEMBELI dipengaruhi oleh terikat dan terpikatnya diri orang tersebut secara emosi."

N. B.
Buat Anda yang Membaca Informasi ini : 

Ada kabar gembira nih :
Jadi siapapun yang mengambil keputusan untuk segera bergabung dan belajar di Seminar Inspiratif Online The Art of Emotional Selling (SIO-TAES) Kali ini dengan mentransfer investasi kepesertaannya sebesar Rp. 100.000,- (Seratus Ribu Rupiah) ke BRI No. Rek 0410-01-022652-50-9 a/n ACHMAD SIROJUDDIN?

Maka baginya akan otomatis langsung mendapatkan 3 buah Ebook Gratis yang insya Allah membantu usaha Anda agar bisa SEMAKIN LARIS. "So? Yuk eksekusi segera keputusan Anda yuk, MasBro dan MbakSis..!!"

Makanya yuk ah. Buruan eksekusi. 

Komentar

  1. Artikel tentang copywriting yang keren banget. Ringan tapi bikin paham. Ditunggu artikel lanjutannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENTORING SPESIAL BACA ORANG (Batch 7)

KELAS ONLINE BACA ORANG - Batch 8

FREESTYLE FISIOGNOMY (Batch 5)