10 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat yang Istimewa


Sesungguhnya...

Hari Jumat menjadi hari yang paling utama dari semua hari dalam seminggu. Hari Jumat merupakan hari yang paling penuh barokah dan Allah SWT sudah mengkhususkan hari Jumat hanya untuk umat muslim dari seluruh kaum umat terdahulu.

Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW bersabda, “Hari terbaik yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Sebab pada hari itu Allah Azza wa Jalla menciptakan Adam as. Dia memasukkan Adam ke surga, pada hari itu ia diturunkan ke bumi dan pada hari itu terjadi kiamat serta pada hari itu terdapat satu masa dimana tidak seorangpun berdo’a kecuali Dia akan mengabulkan do’a itu.” [HR.Muslim]

Karena itulah, Nabi Muhammad SAW amat mengagungkan, mengistimewakan dan juga memuliakan hari Jumat jika dibandingkan dengan hari yang lain. Beliau juga turut memperbanyak ibadah pada hari itu. Lalu apa sajakah keutamaan bersedekah di Hari Jumat?

Yuk terusin bacanya :)

10 Keutamaan Bersedekah di Hari Jumat :

1. Seperti Sedekah Bulan Ramadhan

Salah satu keutamaan melakukan sedekah di hari Jumat jika dibandingkan dengan hari lainnya adalah bahwa bersedekah di hari itu sama halnya seperti sedekah di bulan Ramadhan.

Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan – bulan selainnya.”

2. Sedekah di Hari Jumat Pun Level Pahalanya Akan Berlipat Ganda

Hari Jumat juga menjadi hari terbaik dimana nilai dan juga level pahala atas kebaikan seseorang akan dilipat gandakan, sehingga melakukan sedekah di hari Jumat akan memperoleh pahala (minimal) dua kali lebih besar daripada ketika kita melakukan kebaikan tersebut dihari lain. Wallahu A'lam.

3. Sedekah di Hari Jumat (Insya Allah) Akan Semakin Memperkuat Iman Kita 

Ibadah, sejatinya merupakan salah bentuk pengabdian yang dilaksanakan seorang hamba pada Allah SWT. Oleh karena itu, bersedekah dengan niat ibadah di hari Jumat pada Allah pun apabila dilakukan dengan kemurnian niat dan keyakinan yang benar? Maka hal itu akan semakin memupuk keimanan seseorang pada Allah SWT. Insya Allah.

4. Sedekah di Hari Jumat Akan Membawa dan Insya Allah Mendatangkan Berkah Rezeki Bagi Diri Sendiri dan Keluarga

Sesungguhnya bersedekah di Hari Jumat pun juga kerapkali membuahkan keajaiban serta pertolongan Allah yang awal kedatangannya kerapkali tidak pernah di duga. Bisa diibaratkan, pertolongan Allah lantaran aktivitas bersedekah kita dihari Jumat itu adalah seperti sesuatu yang membuka sumbatan energi sehingga ketika kita membiasakan diri untuk melakukannya? Maka Insya Allah aktivitas membuka sumbatan aliran rezeki pun akan selalu dilakukan sehingga pada akhirnya membuat aliran rezeki-Nya atas kita pun semakin lama akan semakin lancar. Dan bicara soal sedekah ini?

Sedekah sendiri tidak selalu harus berupa materi, akan tetapi juga bisa dalam bentuk bantuan atau tenaga yang juga termasuk dalam sedekah pada orang lain. 

Adapun Kunci melatih pembiasaan/keistiqamahan dalam bersedekah (dan aneka kebaikan lainnya) adalah.. dengan menjadikan diri kita sendiri untuk terus melakukan (aktivitas sedekah itu) apapun yang terjadi.

5. Sedekah Pun (akan mampu) Memperkuat Tali Silaturahmi

Sebagai makhluk sosial, kita tidak akan pernah mengetahui kapan kita membutuhkan bantuan dari orang lain. 

Dengan memperbanyak sedekah khususnya di hari Jumat, maka bisa dijadikan sebuah cara untuk menambah keluarga baru, kerabat baru atau teman baru. Sebab, kita tidak akan pernah mengetahui seperti apa kehidupan seseorang kelak dan saat kita membutuhkan bantuan, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan membantu kita.

6. Sedekah di Hari Jumat Merupakan Sebuah Amalan Mulia

Keutamaan berikutnya tentang sedekah pada hari Jumat adalah karena sedekah pada hari Jumat merupakan amalan mulia yang dikerjakan pada hari paling mulia dibandingkan dengan amalan lain yang dilakukan pada hari selain Hari Jumat. Karena memang Hari Jumat itu adalah hari yang dianjurkan untuk meng-upgrade level amal sholeh kita. Makanya...

Kita dianjurkan juga untuk semakin memperbanyak perbuatan baik serta amal soleh pada hari Jumat atau malam jumat. 

7. Merupakan Serangkaian Amal Kebaikan Yang Dianjurkan 

Memperbanyak sedekah dan beramal soleh di hari jumat atau malam jumat serta memperbanyak tadarus dan shalawat untuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam di malam atau siang hari jumat sesungguhnya merupakan serangkaian amalan kebaikan yang dianjurkan berdasarkan hadis :

“Sesungguhnya hari yang paling afdhal adalah hari jumat. Karena itu, perbanyaklah membaca shalawat untukku. Karena shalawat kalian diperlihatan kepadaku.” (al-Iqna’, 1/170)

8. Sedekah di Hari/Malam Jumat Adalah Sebuah Aktivitas Kebaikan Yang Memang Memiliki Keistimewaan Khusus

Sedekah yang dilakukan pada hari Jumat juga mempunyai keistimewaan khusus jika dibandingkan dengan beberapa hari lainnya. Sedekah pada hari jumat dibandingkan dengan hari lain tersebut seperti layaknya perbandingan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan dengan sedekah pada bulan lainnya.

Saya pernah melihat Syaikhul Islam – rahimahullah – apabila Beliau berangkat Jumatan, beliau membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan beliau sedekahkan kepada orang di jalan diam-diam. Saya pernah mendengar beliau mengatakan, “Apabila Allah memerintahkan kita untk bersedekah sebelum menghadap Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka bersedekah sebelum menghadap Allah lebih afdhal dan lebih besar keutamaannya.” (Zadul Ma’ad, 1/407).

9. Sedekah Di Hari Jumat itu ibarat Berbuat Baik Di hari Terbaik Dalam Sepekan

Karena bersedekah di Hari Jumat itu sesungguhnya merupakan suatu amalan kebaikan dihari yang luarbiasa baik dimana pada saat itu, Allah sejatinya pun sudah menyiapkan ampunan, pengabulan doa dan juga pahala yang sangat besar bagi setiap hamba-Nya yang beriman. Maka oleh karena itu, hendaknya amal shalih dan juga ketaatan lebih ditingkatkan khususnya pada ibadah yang diagungkan di dalamnya seperti shalat Jumat, lebih memperbanyak shalawat, membaca surat Al-Kahfi dan sebagainya.

10. Sedekah Dihari Jumat Menjadi Sebab Bagi Diri Senantiasa Dilimpahi Karunia serta Keajaiban Rezeki

Salah satu amal shalih yang sangat mendapat perhatian dari para ulama adalah sedekah dan mengeluarkan infak pada hari dimana Allah sudah melimpahkan karunia serta kebaikan untuk setiap hamba-Nya. Sedekah yang dilakukan pada hari jumat sangat lebih baik dan lebih besar pahalanya jika dibandingkan dengan hari lain selain hari jumat.

Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata tentang keutamaan hari Jum’at, “Bahwasanya sedekah di hari Jum’at dibandingkan semua hari dalam sepekan seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan selainnya.”

Beliau memberi kesaksian bahwa Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah –Qaddasallahu ruhahu- apabila keluar shalat Jum’at membawa roti atau selainnya yang ada di rumahnya lalu menyedekahkannya secara sembunyi-sembunyi di jalan yang dilaluinya. Dan hal itu tiada lain adalah juga merupakan satu diantara sekian banyak Sunnah Rasulillah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Dalam Tuhfah al-Habib ‘ala Syarh al-Khatib tentang hari Jum’at disebutkan jika, “Disunnahkan memperbanyak  sedekah dan berbuat kebaikan di siang dan malam hari Jum’at. Juga disunnahkan memperbanyak shalawat atas Rasulillah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam di siang dan malam harinya berdasarkan khobar.”

Akan tetapi, hal yang perlu diingat adalah meskipun keutamaan dari sedekah hari Jumat sangatlah banyak, bukan berarti kita harus menyepelekan beberapa hari yang lain untuk bersedekah.

Mengkhususkan malam Jum’at untuk mengerjakan shalat dari malam-malam lainnya, dan janganlah mengkhususkan siang hari Jum’at untuk mengerjakan puasa dari hari-hari lainnya, kecuali bertepatan dengan puasa yang biasa dilakukan oleh salah seorang kalian.”(HR. Muslim, al-Nasai, al-Baihaqi, dan Ahmad)


Selamat datang di hari Jumat. Bismillah semoga tulisan ini bisa mendatangkan banyak sekali manfaat yang kelak bisa mengajaibkan Kehidupan kita dan Kehidupan orang-orang tercinta kita kelak dimanapun kita berada.

Aaaamiiin Ya Rabbal Alamiiin



N. B :

Bagi siapapun Anda Warga Bekasi, Jabodetabek dan Sekitarnya 

Dan

Bagi Anda Warga Solo, Boyolali, Karanganyar, Sragen, Jogjakarta dan Sekitarnya

"Apabila Anda membutuhkan layanan Terapi, Konseling, Coaching dan Training berkaitan dengan Pengaplikasian Ilmu Komunikasi Terkini dan Juga Pemberdayaan Diri?"

Yuk kita buat janji. Karena siapapun yang melakukan appointment (janjian) dengan saya dan team dari Hypno TarOt  (geTaran Otak) - Bekasi dan Griya Syahdu Therapy Center?

Maka akan ada penawaran super khusus yang hanya saya buka setiap Jumat, sebuah hari yang dikenal karena keajaiban-Nya dan keberkahannya ini.

More info? Silakan klik link ini :

http://hypnotarotbekasi.blogspot.com/2018/10/jasa-hipnoterapi-bekasi.html?m=1

Sehat sukses sugih berlimpah barokah bahagia selalu untuk Anda dan sanak Famili. Semoga Allah terus memberkahi kita dalam setiap kebaikan yang kita jalani.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENTORING SPESIAL BACA ORANG (Batch 7)

KELAS ONLINE BACA ORANG - Batch 8

FREESTYLE FISIOGNOMY (Batch 5)