Tentang Hydrocephalus

Hidrosefalus (hydrocephalus) adalah kondisi penumpukan cairan di dalam otak yang mengakibatkan meningkatnya tekanan pada otak. Arti harfiah dari penyakit ini adalah “air di dalam otak.”

Cairan serebrospinal biasanya mengalir melalui ventrikel dan menggenangi otak dan tulang belakang. Jika tekanan cairan serebrospinal terlalu banyak, maka jaringan otak akan rusak dan menyebabkan gangguan dalam fungsi otak.

Fungsi dari cairan serebrospinal adalah menjaga otak yang volumenya berat agar terapung di dalam tengkorak, merupakan bantalan otak untuk mencegah cedera, membuang limbah metabolisme di dalam otak, dan mempertahankan tekanan yang tetap di dalam otak, tepatnya antara rongga otak dan tulang belakang untuk mengkompensasi perubahan tekanan darah di dalam otak

Gangguan dalam otak ini sangat berpengaruh pada penderitanya. Karena menyebabkan gangguan perkembangan fisik maupun intelektual. Belum lagi, jika penyakit tersebut memiliki komplikasi yang serius.

Sekalipun bisa menimpa ke semua usia, namun hidrosefalus umum terjadi pada usia dewasa dan bayi. Para ilmuwan mencatat bahwa 2 dari 1000 bayi terlahir dengan kondisi hidrosefalus.

Penyebab Hidrosefalus

Sebagai sebuah pemahaman yang sekiranya penting untuk Anda ketahui bersama bahwa :

Bahwa ada beberapa hal yang memang dapat menyebabkan hidrosefalus yang memang harus benar benar Anda ketahui untuk kemudian Anda sadari  dan seandainya pun bisa?

Haruslah kita mulai hati-hati bahkan kita hindari. Lalu? Apa saja sih yang harus  disadari kemudian jika pun bisa harus kita hindari?

1. Adanya Infeksi sistem saraf pusat yang akhirnya menyebabkan penyakit meningitis, 

2. Adanya pendarahan di otak si bayi selama atau segera setelah melahirkan, terutama pada bayi yang lahir secara prematur

3. Terjadinya cedera yang terjadi pada diri Si Ibu bayi pada masa sebelum, selama, atau setelah melahirkan

4. Terjadinya trauma kepala pada bayi

5. Adanya tumor sistem saraf pusat bayi pun bisa menjadi penyebab terjadinya Hydrocephalus pada si bayi

Dan ternyata juga...

Hydrocephalus ini pun bisa 'menyerang' siapapun yang terbilang sudah dewasa. Pada orang dewasa, hidrosefalus bisa terjadi jika:

1. Infeksi yang berhubungan dengan otak seperti meningitis

2. Cedera kepala


3. Pendarahan dari pembuluh darah di otak

4. Pernah menjalani operasi otak

Ciri hidrosefalus

Pada Bayi

Apabila penyakit Hydrocephalus ini 'menyerang'  seorang bayi? Maka ada beberapa ciri khusus yang biasanya menyertai 'serangan' Hydrocephalus tersebut. Diantaranya :


1. Ukuran kepala
 luar Si Bayi atau siapapun yang 'terserang' hydrochepalus itu biasanya besar dan cenderung terjadi peningkatan ukuran kepala yang sangat pesat pada penderita Hydrocephalus. Dan biasanya hal itu diikuti dengan...



2. Menggembungnya ubun-ubun, atau titik lemah di permukaan tengkorak diikuti dengan ciri khas reaksi fisik lainnya, seperti :



3. Mata yang kerap melihat ke bawah 

4. Tubuh kejang-kejang

5. Dan biasanya kalo hal ini (hydrocephalus) ini melanda seorang bayi? Bayi tersebut akan mengalami kerewelan yang ekstrim, diikuti dengan...

6. Muntah muntah

7. Mengantuk yang berlebihan

8. Pola makan yang buruk, serta...

9. Kekuatan otot penderita hydrocephalus pun menjadi sangat lemah

Sementara pada balita maupun orang dewasa? Cirinya pun hampir sama :

  1. Sakit kepala
  2. Pandangan ganda maupun buram
  3. Pembesaran abnormal pada kepala
  4. Sering mengantuk
  5. Sulit untuk bangun dari tempat tidur
  6. Mual atau muntah
  7. Keseimbangan tubuh tidak stabil
  8. Koordinasi yang buruk
  9. Nafsu makan berkurang
  10. Kejang

Dan selain 10 ciri khusus yang menandakan adanya 'serangan' Hydrocephalus?

Memang ada juga kemudian perubahan perilaku dan kognisi yang seketika menimpa pada diri balita dan orang dewasa, seperti :

  1. Lebih cepat marah
  2. Perubahan perilaku
  3. Tidak mudah untuk fokus
  4. Terjadinya juga penurunan kinerja keseharian kita, yang diantaranya ditandai dengan..
  5. Keterlambatan atau masalah dengan kemampuan yang diperoleh sebelumnya, misalnya dalam hal berjalan atau berbicara

Nah..

Penanganan

Pasien hidrosefalus umumnya mendapatkan 2 penanganan berikut untuk mengatasi penyakitnya:

1. Shunt

Shunt adalah sebuah metode berupa memasukkan tabung fleksibel panjang dengan katup yang membuat cairan dari otak mengalir ke arah yang benar dan pada tingkat yang tepat. Salah satu ujung pipa biasanya ditempatkan di salah satu ventrikel otak.


Selang tersebut kemudian melewati terowongan di bawah kulit ke bagian lain dari tubuh dimana cairan serebrospinal yang berlebihan dapat lebih mudah diserap organ tubuh lainnya. Seperti perut atau ruang di dalam hati.

Orang yang memiliki hidrosefalus biasanya membutuhkan sistem shunt sepanjang hidup mereka. Pasien akan membutuhkan pemantauan rutin.

2. Ventriculostomy

Pada metode ini, dokter bedah akan menggunakan kamera video kecil untuk memiliki pandangan langsung di dalam otak dan membuat lubang di bagian bawah salah satu ventrikel atau antara ventrikel. Lubang tersebut untuk memungkinkan cairan serebrospinal mengalir dari otak.

Kedua prosedur bedah tersebut dapat mengakibatkan komplikasi. Metode shunt dapat menghentikan pengeringan cairan serebrospinal atau pengaturan sistem drainase otak yang buruk karena adanya kerusakan mekanis, penyumbatan, atau infeksi.

Komplikasi ventriculostomy termasuk perdarahan dan infeksi. Segala macam kegagalan yang terjadi akan menyebabkan komplikasi.

Beberapa ciri terjadinya komplikasi antara lain:

Demam

Sifat lekas marah

Kantuk

Mual atau muntah

Sakit kepala

Adanya masalah penglihatan

Kulit kemerahan, adanya rasa sakit atau nyeri pada kulit di sepanjang jalan dari tabung shunt

Sakit perut ketika katup shunt berada di perut

Tentu saja...

Masih banyak sekali hal yang bisa obrolkan seputar Hydrocephalus. Buat yang ingin lebih banyak ngobrol soal Hydrocephalus?

Saya (Pakde Fu) sendiri notabenenya adalah seorang Hydrocephalus Survival dan juga Hydrocephalus Ranger yang oleh Allah diizinkan untuk merasakan kesembuhan hingga benar benar mendekati kategori 'normal'. Sehingga jikalau pun Anda menginginkan untuk bisa ngobrol banyak seputar Hydrocephalus?

Saya siap untuk menjadi teman ngobrol Anda. Dan untuk Anda yang ingin ngobrol serius seputar Hydrocephalus?

Anda bisa menghubungi saya di 0859-3996-9588 atau dengan meng-klik :

http://hypnotarotbekasi.blogspot.com/2018/10/layanan-konseling-wilayah-bekasi.html?m=1

Terakhir...

Saya hanya bisa mendoakan bahwa semoga Anda semua beserta Anak dan Keluarga Anda senantiasa sehat sukses sugih berlimpah barokah bahagia selalu yaaa selamanya.

Satu hal saja pesan saya ;

Andaikata Allah memang mengizinkan siapapun untuk sembuh dari sakitnya (termasuk Hydrocephalus bagi siapapun yang mengidapnya)?

Maka Insya Allah, kesembuhan pun akan menghampirinya. Bagaimanapun caranya.

Dan percayalah : 

Setelah nanti moment pemulihan dan kesembuhan itu tiba?

Di saat yang sama.. Insya Allah, Allah pun akan menghadirkan sebuah KEUNIKAN YANG LUARBIASA yang akan MELESATKAN KEISTIMEWAAN ANDA SEMUA.

Dan sejujurnya..

Itulah yang saya rasakan dalam perjalanan hidup saya. Yang setelah saya beserta keluarga saya merasa bahwa Hydrocephalus adalah sebuah amanah spesial untuk men-spesial-kan diri saya dan keluarga?

Maka disaat itulah ternyata Allah senantiasa menunjukkan bahwa kehidupan saya dan keluarga begitu dekat dengan keajaiban-Nya.

Dan semoga hal itu terjadi pula pada kehidupan Anda dan orang orang tercinta.


Aaaamiiin Ya Rabbal Alamiiin
🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏🙏

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENTORING SPESIAL BACA ORANG (Batch 7)

KELAS ONLINE BACA ORANG - Batch 8

FREESTYLE FISIOGNOMY (Batch 5)