Pentingnya Membangun Kecerdasan Dalam Berbisnis

Ketika dinamika bisnis melaju dengan kecepatan yang kian kencang dan nyaris sempurna, maka elemen kreativitas boleh jadi merupakan sekeping keterampilan yang kudu dieksplorasi dengan penuh kesungguhan.


Tanpa kemahiran meracik inovasi? Maka niscaya karir..bisnis dan usaha kita mungkin akan stagnan dan stuck. Seolah terdiam tanpa ada perubahan. Dan nasib kita pun pelan-pelan juga bakalan nyungsep andaikata keadaan itu dibiarkan terus terusan.

Maka pertanyaanya : "Lantas elemen apa nih yang kemudian mesti dilatih banget untuk memekarkan creative thinking skills?

Dalam sebuah risalah yang bertajuk 'The Innovator’s DNA' (yang mana tulisan tersebut dimuat pada jurnal Harvard Business Review), dipetakan bahwa ada empat elemen kunci yang mesti disandang sebuah usaha untuk merekahkan ketajaman dalam membangun creative thikinking skills miliknya.

Elemen 1 : Associating. Sebuah elemen yang memungkinkan usaha kita dalam meng-asosiasikan gagasan, terobosan hingga kualitas produk kita atau bisa juga dikatakan bahwa Associating merupakan sebuah  kemampuan untuk mengkoneksikan sejumlah sudut pandang dari beragam disiplin yang berbeda, guna membangun satu gagasan yang bersifat kreatif.

Creativity is connecting things”, begitu sang dewa inovasi, Steve Jobs pernah berujar. Asosiasi sejatinya bersandar pada kemampuan untuk menggunakan kekayaan wawasan kita pada satu bidang/disiplin ilmu tertentu, dan kemudian mencoba mengaplikasikannya dalam bidang lain, guna menghasilkan sebuah temuan baru yang inovatif.

Elemen 2 : Questioning. Para inovator sejati adalah mereka yang secara konsisten selalu mengajukan pertanyaan : "what should we do to make our Business better?" (Apakah yang sekiranya harus kita lakukan untuk menjadikan usaha kita terus dan terus menjadi lebih baik?)

Dan biasanya..
Para Creative Thinkers adalah mereka yang selalu bertanya : why, why not, dan what if?

Dan biasanya pula, mereka pun juga selalu mendetailkan serangkaian pertanyaan semacam itu untuk mendapatkan clue bagi lahirnya aneka gagasan baru.

Sebab dibalik rentetan pertanyaan itu, niscaya memang Tuhan sudah membentang luaskan berbagai faktor penentu lahirnya ide dan kreativitas kita dalam berusaha.  Tinggal bagaimana kita kemudian bisa meneliti : ide kreatif yang seperti apa sih yang cocok sama kita dan bisa kita kembangkan berdasarkan karakter unik diri kita?

Oleh karena itulah maka kita wajib melakukan faktor yang menjadi elemen ketiga yang memang mesti disandang semua pengusaha dalam rangka merekahkan ketajaman dalam membangun creative thikinking skills miliknya. Elemen apakah itu?

Elemen 3 : Observing. Ah, betapa beragam dan uniknya fenomena yang ada disekeliling kita.Dan memang harus kita akui juga bahwa begitu  kaya dan luarbiasanya beragam dimensi sosial budaya yang ada di segenap kolong jagat ini khususnya di Indonesia. Dan dari kemampuan untuk melakukan observasi inilah, sesungguhnya telah banyak ide kreatif dilahirkan.

Jadi, sering-seringlah melakukan proses observasi secara intens atas segenap situasi di sekeliling kita. Lalu, cobalah bangun imajinasi kreatif untuk merekahkan hasil observasi itu dalam serangkaian gagasan nan inovatif. Bisa?

Elemen 4 : Experimenting. Para inovator sejati adalah mereka yang tidak takut untuk melakukan dan mencoba hal-hal baru.

Dan sungguh, mereka juga tak pernah takluk ketika eksperimen gagasan barunya itu selalu kandas menembus batas pembuktian. Sebaliknya?

Mereka selalu terus mencoba dan mencoba, demi membuktikan bahwa gagasan inovatifnya layak untuk dihamparkan dalam kenyataan. Dan memang, untuk dapat melakukan semua proses itu secara konsisten?

Dibutuhkanlah sebuah kecerdasan yang lain yang tak kalah penting dari kecerdasan untuk berpikir kreatif. Namanya.. KECERDASAN EMOSIONAL (EQ).

Kecerdasan Emosional (EQ) ini merupakan sebuah level kecerdasan yang menjadikan seseorang mempunyai kemampuan untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya dimana dalam hal ini, pergerakan emosi tersebut mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan.

Nah...

Memiliki kecerdasaan emosi (EQ) pun berarti juga bahwa  kita akan selalu sadar dalam melakukan suatu tindakan dan mengambil suatu keputusan dengan penuh pemikiran logis dan penuh perasaan.

Seperti yang kita ketahui bahwa berpikir logis merupakan salah satu kunci kesuksesan bisnis. Akan tetapi kadang kala ada beberapa hal yang memang membutuhkan andil dari toleransi kita (berdasarkan dorongan emosi), dimana toleransi dan batas pelibatan unsur emosi lainnya pun betul betul harus kita mainkan supaya kelak tidak membawa dan menghadirkan aneka kerugian dalam bisnis dan usaha kita.

Oleh karena itu, kita harus bisa mengetahui kapan kita harus mengendalikan emosi kita agar tidak menutupi pola pikir logis kita dan kapan kita harus menggunakan perasaan agar kita tidak menyakiti orang lain dan diri sendiri yang pada akhirnya hanya akan membawa dampak buruk pada setiap usaha kita.

Nah...
Dalam rangka mengevaluasi kecerdasan emosi di usaha kita itulah makanya sebagai pengusaha (calon pengusaha) besar dan menengah pun kita harus melakukan proses evaluasi tersebut secara keseluruhan. Dimulai dari diri kita sendiri dan dilanjutkan pada seluruh elemen usaha yang kita miliki. Jika perlu kita pun bisa mengevaluasi mitra kerja yang kita miliki, tentunya dengan cara yang bijak agar tidak ada pihak yang merasa sakit hati.

Mengevaluasi diri sendiri merupakan hal yang penting karena banyak sekali usaha yang hanya menyalahkan lingkungan sekitarnya padahal kesalahan ada pada dirinya sendiri. Saat kita dapat mengurangi ego kita dan berinstrospeksi, kita sudah meningkatkan sedikit kecerdasan emosi kita.

Nah, untuk dapat meningkatkan kecerdasan emosi yang kelak akan sangat mendukung kemajuan usaha kita?

Kita juga perlu meng-upgradenya melalui aneka seminar dan pelatihan (baik online maupun offline) yang  tujuannya adalah untuk memberikan sebuah KESADARAN sekaligus PENGETAHUAN dan juga KEMAMPUAN dalam rangka mengelola Kecerdasan Emosional sehingga nantinya diharapkan bahwa..

Siapapun yang kemudian terlibat (baik dalam pelatihan, workshop bahkan sekedar seminar - baik offline dan online) ini kemudian bisa benar benar terlatih untuk memberikan respon yang tepat terkait dengan apapun yang terjadi pada usaha yang kita lakukan.

Bahkan demi kemajuan bersama usaha kita dan mitra usaha kita..

Kita pun bisa mengajak seluruh mitra kerja kita untuk bergabung dalam pelatihan, workshop maupun seminar yang bertemakan emosional ini (baik offline maupun online) untuk juga belajar dan sekaligus mengupgrade kesadaran serta kemampuan terkait bagaimana membina kerjasama yang saling berkesadaran dan memberikan banyak keuntungan (baik material maupun emosional) sehingga secara tidak langsung kita pun akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar.

Dan oleh karena alasan alasan itulah maka SEMINAR INSPIRATIF ONLINE - THE ART OF EMOTIONAL SELLING (SIO-TAES) hadir untuk Anda.

Dimana dalam Kelas Seminar Inspiratif Online The Art of Emotional Selling (SIO TAES) nanti, Anda sekalian akan diajak menyelami jauh lebih dalam segala hal yang berkaitan dengan kecerdasan emosional manusia (termasuk menyelami aneka fungsinya, faktor pendorong kecerdasannya, sisi gelapnya hingga bagaimana cara ter-simple yang bisa kita lakukan untuk bisa mengendalikannya).

Setelah itu, para peserta akan diajarkan bagaimana cara memetakan daya dorong emosinya, mengelolanya, kemudian melepaskan emosi yang kerapkali menggoda untuk kemudian menggagalkan missi kita untuk berhasil dalam setiap usaha kita.

Nah, bagi siapapun yang penasaran dan ingin mendaftar untuk kemudian mengikuti Program Seminar inspiratif Online - The Art of Emotional Selling (SIO TAES)?

Silakan klik link ini ya : http://bit.ly/EmotionalSelling
Atau menghubungi ; 0859-3996-9588

"Dan satu hal yang pasti terkait dengan program Seminar Inspiratif Online The Art of Emotional Selling ini berikut investasi nya?"

Saya akan menegaskan bahwa : Investasi untuk mengikuti Program Seminar Inspiratif Online The Art of Emotional Selling (SIO-TAES) ini JAUH LEBIH MURAH daripada aneka manfaat yang akan Anda dapatkan melalui Seminar Inspiratif Online The Art of Emotional Selling (SIO-TAES) yang setiap batchnya akan diselenggarakan tiap tanggal 2-4 DISETIAP BULANNYA.

SARAN SAYA : Jika Anda menginginkan bisnis Anda bertumbuh menjadi bisnis yang berbeda dan mampu menyentuh sisi sisi emosi pelaku juga segenap konsumennya?

So, IKUTAN SAJA KELASNYA SEMINAR INSPIRATIF ONLINE-NYA. 

"Sebab andaikata seluruh elemen yang terlibat dalam usaha Anda kemudian memiliki kecerdasan emosi yang tinggi? Maka semua elemen usaha Anda pun akan mampu bekerja secara optimal." 

O Iya, Seminar Inspiratif Online The Art of Emotional Selling (SIO-TAES) ini...ada KOPDAR.. MEET UP SESSION serta Pelayanan Coaching.. Konseling dan In House Training DENGAN INVESTASI SUPER TERJANGKAU LHO. "Anda tinggal hubungi Adminnya saja di 0859-3996-9588 untuk detail informasi dan investasinya."

Oke ya?

Anda tentu dapat membayangkan dong sekarang :

"Bagaimana suksesnya usaha anda saat semua orang bekerja dengan optimal pasca ikut Kelas Seminar Inspiratif Online-nya? Ikut Meet up-nya? Personal Business Coaching and Counseling-nya? Sampai juga In House Training nya?"

Anda mau ikutan juga kan ya?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENTORING SPESIAL BACA ORANG (Batch 7)

KELAS ONLINE BACA ORANG - Batch 8

FREESTYLE FISIOGNOMY (Batch 5)