Sejarah Permainan Tarot

Definisi Tarot

a. Menurut  Wikipedia :

Berdasarkan penjelasan dalam situs id.wikipedia.org :

Kartu Tarot merupakan sekelompok kartu yang berjumlah 78 lembar yang umumnya digunakan untuk kepentingan spiritual atau ramalan nasib. 

Katu tarot ini dibagi menjadi dua golongan :

a. 22 kartu disebut Arcana Mayor dan 
b. 56 kartu disebut Arcana Minor

Jenis/Set Tarot yang paling populer adalah Tarot Rider-Waite-Smith yang diciptakan oleh A.E Waite dan ilustrator Pamela Colman Smith. Dan menurut dokumen sejarahnya, Tarot diindikasikan sebagai sebuah permainan full energi dan sugesti yang berasal dari Italia yang sampai saat ini, permainan kartu Tarocchi ini  masih sangat populer di Eropa.

Kemudian. berbicara tentang asal mula dan sejarah kartu tarot ini, ternyata ada banyak sekali terkaan seputar asal mula permainan 'kartu ajaib' ini. Sebagai contoh adalah adanya anggapan bahwa tradisi permainan tarot (termasuk didalamnya adalah tradisi permainan prediksi dengan media Arkana Mayor dalam kartu tarot), merupakan tradisi asli masyarakat Keltik dalam memandang ritus/perputaran kehidupan. 

Di sisi lain, Ada juga kelompok-kelompok yang kemudian menyatakan bahwa Tarot adalah sebuah seni permainan 'ramalan' yang dibawa ke Eropa dari Timur Tengah melalui perantaraan kaum Gipsi. Kemudian, sebagian lainnya (terutama dari kalangan sejarawan) berasumsi bahwa istilah Tarot adalah kebalikan dari Torat (Torah, Taurat), kitab suci lama kaum Yahudi. 

Mereka (para ilmuan tersebut) rata-rata menyatakan bahwa jika Torah/Taurat adalah kitab sabda Tuhan yang bersifat tetap dan tertulis, maka ada satu lagi sabda Tuhan yang tersembunyi dan terus mengalir di takdir manusia serta alam semesta. Keyakinan ini sangat kuat dalam tradisi Kabbalah, salah satu elemen kebatinan Yahudi, yang kira-kira mirip dengan Sufisme ataupun Gnostisme (mistisisme Kristen). 

Nah, sabda alami itu konon hanya bisa dikuak oleh mereka yang berjiwa bersih dan memiliki kebijaksanaan dan kejelian. Dan kemudian makanya Kartu Tarot kemudian oleh sebagian besar dari mereka dianggap sebagai alat bantu yang sangat akurat untuk bisa menguak rahasia-rahasia ilahiah tersebut.

Tarot Dan Sejarah Simbolnya
 
Bicara soal simbol-simbol dalam tarot, sebenernya bagaimana sih sejarahnya Simbolisasi Tarot itu? Kapankah simbol-simbol tersebut diperkenalkan pertama kalli? 

Ada dan merebaknya hasrat untuk memberi semacam Ilustrasi dan interpretasi Tarot sesungguhnya berkembang sejalan dengan perkembangan zaman. Seringkali, ilustrasi Tarot dibentuk untuk melayani pandangan mistis dan kebutuhan penggunanya.

Nah, berdasarkan interpretasi Arthur Edward Waite, seorang artist bernama Pamela Colman Smith merupakan sosok yang pertama kalinya melukis satu set lukisan Major Arcana. Dam kemudian? Hasil karya mereka lantas diterbitkan oleh perusahaan percetakan, Rider Company.

Dari sinilah satu set Tarot Rider Waite karya mereka kemudian menjadi set kartu tarot yang paling populer di peradaban modern. Sebuah set kartu tarot karya keduanya lantas dikenal juga dengan sebutan Tarot Rider-Waite-Smith. 

Kemudian, tak lama setelah itu, A.E. Waite lantas menerbitkan buku petunjuk interpretasi Tarotnya yang diberi judul "The Pictorial Key to the Tarot." (1910)

Seiring perjalanan sejarahnya, Dua puluh dua kartu yang terdapat dalam Arcana Mayor ternyata banyak menimbulkan perdebatan di kemudian hari, baik dari sisi arti, maupun dari bentuk satu set kartu tarot itu sendiri. 

Tak sampai situ saja, bahkan masalah pun timbul terkait dengan interpretasi masing-masing kartu itu. 
Secara umum, Arcana Mayor dimengerti sebagai perjalanan hidup the Fool (si Pandir), melalui segala prahala dan rintangan sampai akhirnya dia menemukan kebijaksanaan. Pengertian tersebut diusulkan oleh Eden Gray pada pertengahan abad ke-20.

Tarot ini lantas menjadi sebuah permainan sugesti yang dalam perjalanannya kemudian kerap dikaitkan dengan berbagai bidang studi seperti Astrologi, Numerologi Pythagoras, Kabalah, I Ching, dan lain-lain. Bahkan, keempat simbol Minor Arcana pun sering diasosiasikan dengan empat elemen dasar dalam agama tertentu, seperti: udara (Pedang), api (Tongkat), air (Cawan), dan tanah/batu (Pentacle/Koin).

Awal Ditemukannya Praktek Permainan Kartu Tarot
 
Sampai saat ini, tak seorang pun tahu secara pasti di mana dan kapan awal tarot ditemukan. Dan konon katanya, tarot pada awalnya didesain di lembaran daun emas yang tersimpan rapi serta menjadi bahan penelitian di masa khilafah Iskandariyah. 

Namun, belum sempat tuntas penelitian tersebut, perpustakaan kuno yang terkenal akbar itu keburu dibumihanguskan.

Walau begitu, menurut catatan-catatan sejarah, tarot diperkirakan sudah lahir semenjak sebelum Nabi Musa; baru pada abad ke-14 mulai dikenal di benua Eropah. Berkat jasa para naib atau kiai Mesir yang memperkenalkannya dalam rangka menguji karomah para santri pada abad kejayaan Islam di Spanyol.


Sebagaimana yang telah diuraikan di atas, sepintas telah disinggung, bahwa tarot dinyatakan masuk Spanyol pada permulaan abad ke-13. Dikenal dengan istilah naypes atau naib, artinya dalam bahasa Arab adalah wakil.

Idris Shah dalam bukunya The Sufis mengatakan bahwa bahan-bahan asli tarot yang digunakan dalam helai-helai kartu tarot merupakan hasil penemuan yang sampai hari ini masih ada. Wakil di sini dimaksudkan merupakan representasi ajaran para penghayat sufi yang menguraikan adanya pengaruh alam kosmik kepada kemanusiaan.


Tulisan ES Taylor dalam bukunya The History of Playing Cards (1865) kemudian hadir untuk memperkuat teori bahwa tarot masuk ke Eropah melalui Spanyol dan Itali pada awal 1300-an Masehi oleh orang-orang muslim Saracen.

Dari beberapa ragam referensi yang tersebar luas juga tercatat dugaan bahwa perjalanan tarot datang dari China dan mendapatkan bentuk perkembangannya di India.

Dari China Banyak orang memperkirakan permainan kartu sesungguhnya berasal dari China dan Korea sejak abad 10-12 Sebelum Masehi, berdasarkan desain uang kertas.

Hampir dapat dipastikan perkenalan tarot yang lebih intens karena peran para jipsi yang meninggalkan India ke Mesir, Fez, Maroko, diikuti kemudian jejak para sufi, dan penganut kabala pada zaman Nabi Musa. Para jipsi tersebut kemudian hidup mengembara secara cerdas di Eropah dan Asia. Sampai dengan saat ini dokumen asli ke-22 Arkana Utama kartu tarot masih tersimpan di musium di Kota Fez, Maroko.

Tahun 1367 penguasa di kota Bern, Swiss, pernah melarang secara resmi permainan tarot sebagai ajang perjudian. Kelak, tahun 1376 penguasa kota Firenze, ibu kota provinsi Tuscany di Italia, mengikuti langkah yang dirintis penguasa kota Bern.

Tahun 1392 terdokumentasi 17 helai desain tarot yang diciptakan oleh Jacquemin Gringonneur sebagai persembahan pada Raja Charles VI Prancis dan kini tersimpan di Bibliotheque Nationale di Paris. Dalam perkembangannya di kemudian hari, pada penghujung abad ke-15, tarot de Marseilles menjadi sangat kondang sampai hari ini.

Perlu diingat, di India permainan kartu tidak digunakan sebelum awal kemunculannya di daratan Eropa. Kumpulan kartu mereka berbentuk bulat terdiri dari 8-10 kemasan kartu yang masing-masing terdiri dari 12 helai kartu. Yang menarik, keempat lengan Dewi Ardhanari digambarkan memegang piala, tongkat, pedang dan cincin sebagai simbol materi atau uang. Namun, khusus desain Dewi Ardhanari sama sekali tak pernah diperkenalkan atau digambar secara sembarang pada kartu.

Tarot kemudian semakin berjaya di utara Italia pada awal abad ke-15. Berkat jasa penciptaan keluarga bangsawan Visconti-Sforza pada 1432-1440, yang mencipta desain kartu tarot sesuai dengan cita rasa kesenian yang berkembang saat itu, sebagai hadiah istimewa bagi pernikahan putra-putri mereka.

Pada akhir abad ke-18, tatkala terjadi Revolusi Perancis, seni membaca tarot berkembang dengan pesat karena kondisi negara yang pada saat itu serba tak pasti. Sehingga, ini membawa keberuntungan bagi Etteilla dan Madame Lenormand yang mencipta beragam desain tarot dan kemudian menjadi bahan rujukan sampai hari ini.Sejak saat itu nama dan desain yang semula dibuat bangsawan Itali mengalami perubahan besar dan desain terbaru tersebut menjadi kunci dasar perkembangan tarot di kemudian hari.

Memasuki awal abad 20 semakian berkembang dengan perkenalan berbagai kumpulan disain tarot yang diterbitkan Inggris dan Amerika berdasarkan kebudayaan mistik Barat, Kabalah, yang erat hubungannya dengan dunia astrologi. Di antaranya kartu-kartu terkemuka tersebut umum telah kita kenali kemasan Tarot Waite, Crowley, Case dan Zain.

Penutup 
 
Akhirnya, semenjak tahun 1960 kreativitas para seniman tarot membuat loncatan besar dalam memproduksi desain-desain baru tarot di segenap penjuru dunia. Belum lagi terhitung para seniman yang menerbitkan disain tarotnya secara sangat pribadi. Satu pertanda bahwa manusia dari zaman mana pun dengan beragam keyakinan tetap memerlukan jawaban yang mudah dan cepat dipahami saat tersandung masalah.

By The Way ......


1. Lalu apa sebenarnya Fungsi dari Kartu Tarot?
2. Apa Makna dari masing-masing Kartu Tarot? 
3. Bagaimana seni memainkan kartu tarot (yang sesuai dengan kesejatian kita?

Nah, untuk menjawab tiga pertanyaan itu? Simak terus sajian khas blog yang 'absurd' ini. Karena segala hal seputar tarot (khususnya) dan seputar alam bawah sadar pada uumnya akan disajikan lengkap. Di sini --->

DIJAMIN LENGKAP....!!! 
ASYIK....!!
dan.............
ABSURD PASTINYA....!!!





========================================================================


Final Notes : 


Nah, buat kalian yang mulai tertarik untuk lebih serius dalam mendalami dan merasakan gimana asik dan saktinya sensasi belajar Tarot? Mind Power? Hypnosis? Fisiognomy? Micro Ekspresi? Grafologi? Serta kaitannya sama kepribadianmu...??



SILAKAN AJA CALL :

Hypno Tarot Bekasi
Fuad Hasan Ch M
0859 3996 9588
54D60AD9  


Atau Klik :




Salam GGS (Gahol...Gesreg...Sakti)
Selalu Untukmu


Mbah Wiro
Referensi :

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENTORING SPESIAL BACA ORANG (Batch 7)

KELAS ONLINE BACA ORANG - Batch 8

Freestyle Fisiognomy (Batch 2)