Fungsi Kartu Tarot Dan Kaitannya Dengan Kondisi Psikologis Seseorang

Fungsi Kartu Tarot

Seringkali ketika kita ngomongin soal...TAROT?

Maka seketika itu memori orang-orang langsung mengaitkan permainan kartu bersimbol itu dengan satu kata. Yup, ramalan.

Itu sama banget kayak fenomena absurd ketika orang menyebut kata "Hipnosis dan Hipnotis" kemudian seketika itu bayangan wajah artistik Boss Uya Kuya langsung muncul dibenak orang-orang. Absurd banget memang.

Padahal kalo kita mau belajar buat mengenal lebih dalam tentang apa dan bagaimana kartu tarot serta apa manfaat dan fungsinya buat seseorang? Maka jawaban ... "Untuk ngeramal" hanyalah sebuah jawaban yang mewakili sedikit sisi dari permainan tarot ini.

Sedikit...?? Yup. Sedikit. Dan sedikit itu bukan berarti bukan sama sekali. Jadi, kalo ada yang bilang bahwa tarot adalah media ramal? Itu bener, Tapi kebenarannya gak mutlak, Artinya ada sisi sisi lain selain ramalan yang ternyata bisa bikin permainan tarot ini menjadi permainan yang justru memberdayakan. Alih-alih menjadikan seseorang berdosa besar lantaran lebih percaya sama ramalan tarot ini dibandingkan dengan diri dan Tuhannya?

Justru dengan tarot, orang bisa jadi akan jauh lebih relijius dan aware terhadap semua tanda-tanda kehidupan yang udah Tuhan kasih ke dia. Nah, pertanyaannya : darimana orang kemudian tau makna tanda yang Tuhan kasih ke dia?

Salah satunya ya dari Tarot itu sendiri. Dan disinilah kemudian perdebatan panjang lantas terus terjadi meski pada akhirnya dengan jujur, banyak pihak yang kemudian berkompromi bahwa semua anggapan orang mengenai kartu TAROT adalah benar adanya. Semua bergantung apakah kita menanggapinya dari sisi POSITIF atau NEGATIF

Sekali lagi, cara pandang terhadap tarot ini kemudian mengingatkan saya pada cara pandang kebanyakan orang yang masih merasa absurd dengan apa itu ...'hipnosis' yang sampai saat ini pun? Bak sebuah pisau, tarot dan hipnosis masihlah dianggap sebagai sesuatu yang memiliki dua sisi yang sangat bertolak belakang. Satu sisi, sebagai sumber perubahan, rezeki, keberkahan, dan kreativitas bagi pemakainya. Namun disisi lain? Tarot dan Hipnosis tetaplah diyakini sebagai alat/media yang banyak memiliki sisi negatif dan bahkan rawan kesyirikan.

Nah, untuk mengkaji kebenaran komentar dan pernyataan berbagai kalangan yang sempat memperhatikan kartu TAROT, maka melalui artikel ini akan disajikan 4 FUNGSI TAROT secara garis besar, antara lain  :

1. SEBAGAI MEDIA PERMAINAN

Meski sejarah kartu TAROT hingga sekarang masih merupakan satu misteri, namun kebaradaannya di jaman lampau cukup dikenal di Eropa. Pada jaman dahulu, kartu TAROT memang kerap digunakan sebagai media PERMAINAN bagi para bangsawan. Sebab, padan jaman dahulu, kartu TAROT masih berjumlah kurang dari 78 kartu dan gambarnya benar-benar sebuah hasil karya lukisan, sehingga hanya bisa di konsumsi oleh kaum-kaum berduit. Dan ini jelas berbeda dengan apa yang terjadi di jaman sekarang dimana kartu TAROT sudah diproduksi secara masal oleh berbagai penerbit & percetakan seluruh dunia.

Nah, terkait dengan 'keabsurdan' yang mewarnai lika-liku misteri dan penafsiran kartu tarot ini, biasanya untuk seseorang yang baru mengenal kartu TAROT, orang-orang tersebut cenderung untuk lebih dahulu mengamati dan menghafalkan semua gambar berikut arti serta beberapa tebaran umum, kartu TAROT. Dan hal itu ternyata  cukup menjadi sebuah permainan yang menyenangkan alih-alih menjadi permainan yang membosankan.

Gimana nggak asik?

Saat kita belajar mengintrepretasikan tarot untuk pertama kalinya, kita kerapkali bertindak absurd asalkan hasrat menafsirkan tarot yang ada dalam benak kita benar-benar terpenuhi saking semangatnya. Bahkan tak jarang kita pun bisa tergerak sendiri untuk mengumpulkan beberapa teman atau sahabat hanya untuk sekedar di tarot dalam rangka mengisi waktu luang. Pokoknya?

"Absurd bangeeeet....!!!"

Saat itu, dengan duduk bersila membentuk lingkaran, atau menggunakan meja, kita biasanya memulai aksi 'eksperimen pribadi' kita dengan mengocok kartu sambil menanyakan nama dan tanggal lahir. Setelah sedikit berkonsentrasi, kita pun tergerak untuk melakukan hal-hal layaknya pewarta tarot profesional.

Ya, kita biasanya memulai 'ritual' itu dengan mengambil satu per satu kartu yang ada pada genggaman kita lalu kita letakkan sesuan dengan tebaran yang kita inginkan. Mulailah kita bercerita sesuai dengan tebaran itu. Tentu teman kita yang akan kita bacakan kartu lumayan deg-degan hingga timbul rasa penasaran yang tinggi, apakah kartu berkata benar atau salah? Begitu seterusnya, bergantian dengan teman yang lain. Cukup menyenangkan, memang.

Namun bicara mengenai kebenaran kartu, ya yang namanya juga baru mengenal dan hanya sebuah permainan, terserah kita mau mempercayainya atau tidak? Intinya, kita mulai mengenalnya dan bisa memberikan satu kesenangan yang positif.

2. SEBAGAI SIMBOL NASEHAT UNTUK MAWAS DIRI

Bagi yang sudah lama mendalami dan menikmati segala bentuk permainannya, kartu TAROT ini ternyata juga berfungsi sebagai kartu yang menjadi SIMBOL NASEHAT UNTUK MAWAS DIRI. Mawas diri? 

Yap. Nah yang dimaksud dengan MAWAS DIRI disini adalah saat dimana kita bisa menjadi begitu tersugesti dan kemudian tergerak untuk kemudian memilih untuk bersikap hati-hati dalam setiap langkah perjalanan hidup yang kita ambil pasca kita melakukan kroscek dengan media tarot.

Dan setelah itu biasanya apabila ada rintangan atau cobaan yang menghadang di kemudian hari, kita bisa menyiapkan mental untuk menghadapinya.

Namun, untuk menggunakan kartu TAROT sebagai kartu MAWAS DIRI tidaklah mudah. Sebelum mempelajari kartu lebih dalam, kita harus mengasah daya intuisi kita terlebih dahulu. Selain itu keharusan untuk bersikap netral terhadap siapapun termasuk diri sendiri pun mutlak diperlukan. 

Bagi beberapa orang, ada berbagai cara yang kemudian mereka lakukan agar mampu mengasah sikap dan mental mereka untuk tetap terjaga netralitasnya hingga kemawas diriannya. Salah satu cara yang mereka biasa lakukan adalah dengan melakukan olah tubuh seperti Yoga. Atau juga bisa ditambah dengan olah pernafasan atau mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan seni cukup untuk mengasah kepekaan daya intuisi kita serta melatih kestabilan emosional kita. 

Hal ini merupakan fase yang cukup penting karena untuk mengocok serta mengambil kartu yang nantinya akan menjadi sebuah petunjuk bagi diri kita sangat diperlukan sebuah ketenangan jiwa dan raga. Apalagi kalau bukan untuk menjaga agar intuisi kita kelak akan tetap tajam.

Jadi, apabila kita merasa diri kita masih belum cukup tenang atau stabil, maka saran saya adalah lebih baik anda sekalian jangan coba menggunakan kartu ini terlebih dahulu apalagi dikaitkan dengan fungsinya sebagai simbol yang membantu kita dalam mengasah sikap MAWAS DIRI yang ada dalam diri kita ini. 

Sebab, banyak diantara kita yang bisa menghafal kartu ini namun belum bisa sepenuhnya memahami langkah-langkahnya, mencoba untuk menjadikan sebuah kartu MAWAS DIRI sehingga hasilnya sungguh mengecewakan dan menjadi berpikir NEGATIF terhadap fungsi kartu ini.

3. SEBAGAI MEDIA KONSULTASI KEJIWAAN
Mungkin di antara kita ada yang pernah mengalami sebuah kebimbangan ataupun kebingungan di saat harus memutuskan sebuah karier ataupun hubungan. Untuk menjawab semua kebimbangan, tentu kita harus pergi ke seeorang psikolog.

Sebelum semuanya terjawab, pertama kali kita akan diberikan beberapa tes mulai dari sesi tes tulis ataupun wawancara. Dari hasil tes tersebut, psikolog bisa mengetahui kondisi kejiwaan kita hingga menyimpulkan apa sebab dari masalah kita dan memberikan saran-saran yang cukup melegakan. Mengapa? Karena dengan jam terbang yang cukup tinggi, seorang psikolog bisa menebak kondisi kejiwaan kita hanya melalui intonasi di saat kita berbicara dengannya. Apalagi dilengkapi dengan hasil tes trtulis serta latar belakang kita yang sudah tentu akan kita ceritakan terlebih dahulu.

Tidak jauh berbeda halnya dengan kartu TAROT. Sebab, berbagai kata kunci yang ada pada ke 78 kartu tersebut tidak terlepas dari ilmu psikologi kepribadian. Berbagai karakter manusia tercermin di dalam arti kartu-kartu tersebut.

Yang menjadi berbeda adalah si pembaca kartu TAROT (TAROT READER) tidak menggunakan sesi test secara tertulis, namun mencoba menggunakan metode wawancara dengan klien serta menggunakan kepekaan daya intuisinya dalam mengocok, menebarkan hingga menjelaskan maksud tebarannya.

Kelebihan daripada kartu ini adalah kesan non-formal dalam tahap konsultasi karena ilustrasi pada kartu-kartu cukup membuat kita sedikit lebih santai dan tidak mengesankan bahwasannya kita adalah seorang pasien atau penderita ketika kita ingin bertanya dengan seorang TAROT READER. Semua membuat lebih terkesan sharing antar teman atau sahabat.

Hal yang perlu diingat adalah ketika kita ingin menggunakan kartu ini sebagai sebuah MEDIA UNTUK KONSULTASI, maka banyak sekali hal-hal lain yang perlu kita pelajari selain mengasah ketajaman daya intuisi serta menghafal arti kartu dan tebarannya. Adapun yang perlu kita pelajari adalah dasar-dasar tentang psikologi kepribadian itu sendiri, hubungannya dengan budaya dan keterkaitannya dengan lingkungan sosial baik secara individu ataupun kelompok. Untuk itu, kita tidak boleh bersikap apatis terhadap segala sesuatu yang ada di sekitar kita, baik pengalaman pribadi kita maupun pengalaman-pengalaman orang lain di sekitar kita. Sebab ini yang menjadi modal dasar kita ketika akan menceritakan arti dari tebaran kartu yang ada. 

Kalau kita hanya berpatokan pada arti kartu sesuai dengan buku, maka itu tidak akan menjelaskan apapun dan hanya menambah kebingungan baik bagi sang pembaca kartu maupun si penanya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah adanya KEYAKINAN secara penuh terhadap cara kerja kartu dan juga KEYAKINAN si penanya terhadap seorang pembaca kartu. Karena itu akan mempengaruhi pola kerja kartu ini. Tanpa adanya KEYAKINAN, maka semua itu adalah NOL.

4. SEBAGAI BAHAN KOLEKSI

Fungsi kartu TAROT di sini adalah sebagai salah satu barang apabila kita mempunyai kegemaran mengoleksi benda. Seperti halnya perangko, kartu ini juga beraneka ragam. Berbagai negara mencoba membuat desain ataupun ilustrasi yang ada di kartu ini begitu menarik dan cukup eksklusif. Adalah satu kebanggaan tersendiri apabila kita bisa memperoleh kartu ini dari berbagai negara yang memproduksinya.
Sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi lain daripada kartu TAROT ini, 4 fungsi di atas adalah sebagian besar alasan yang menjadi keberadaan kartu ini.


Selamat mencoba memfungsikan salah satunya.

*Referensi :
  
1. https://umahtarot.wordpress.com 
2. https://tarotcurhat.wordpress.com
3. mrsugem.blogspot.com

 
**Final Notes :  

Buat siapapun yang penasaran bahkan mulai tertarik dengan seni pewartaan tarot berikut pernak perniknya? Simak terus sajian khas blog yang 'absurd' ini. Karena segala hal seputar tarot (khususnya) dan seputar alam bawah sadar pada uumnya akan disajikan lengkap. 

Di sini ---> 
 


DIJAMIN LENGKAP....!!! 

ASYIK....!!

dan.............

ABSURD PASTINYA....!!!


=========================================================================



Nah, buat kalian yang mulai tertarik untuk lebih serius dalam mendalami dan merasakan gimana asik dan saktinya sensasi belajar Tarot? Mind Power? Hypnosis? Fisiognomy? Micro Ekspresi? Grafologi? Serta kaitannya sama kepribadianmu...??



SILAKAN AJA CALL :

Hypno Tarot Bekasi
Fuad Hasan Ch M
0859 3996 9588
54D60AD9 

Atau Klik :




Salam GGS (Gahol...Gesreg...Sakti)
Selalu Untukmu


Mbah Wiro

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENTORING SPESIAL BACA ORANG (Batch 7)

KELAS ONLINE BACA ORANG - Batch 8

Freestyle Fisiognomy (Batch 2)